Friday, June 24, 2011

RS tidak mendukung IMD dan ASI Exclusive (ASIX)

- Jojo 5 days old -
4 hari setelah lahir (dengan operasi cs) hati ini senang rasanya karna jadwalnya pulang ke rumah bersama Jojo. setelah mendapat sesi singkat mengenai memandikan dan memijat bayi, begitu balik ke kamar, telepon berdering. ternyata dari suster di kamar bayi. "bayi ibu kuning, kami sudah panggil dsa untuk periksa, minta persetujuan untuk pemeriksaan lab". Deg!! apaan lagi tuh? kuning???
akhirnya gw dan suami ke ruang bayi, konsul dengan kepala suster, lalu ke dokter anak. Yup! Jojo harus stayed more few days at hosp. bingung dan sedih... sakit rasanya hati ini. mana belum sukses untuk kasih ASI sama jojo walau malam sebelumnya berhasil asi keluar pertama kalinya dan langsung dipompa karna jojo sedang bobo. kalau pulang berarti gimana nyusuin jojo? gw browsing inet dan sharing dari sepupu, kalau bayi kuning harus banyak dikasih asi bukan sufor. finally minta dokter untuk ijinkan gw stay longer with baby. pokoknya ga mau pulang kalau jojo ga pulang. eeehh.. ga boleh booo.. padahal gw kan bayar. gw cuma disuruh pompa di rumah dan kirim ke rs. lah, baru keluar asi, gimana mau lancar kalau ga disedot langsung sama bayi??
kecewa dan kecewa.. IMD ga bisa (alasan ruang operasi yg dingin ga baik utk bayi), untuk kasih asi ke anak sendiri ga didukung maksimal.
masih teringat masa2 di rumah kerjaannya pompa asi, seberapa pun dapetnya langsung kirim ke rs.. satu hari setelah pulang, hari rabu, gw dateng pagi2 dan mencoba netekin jojo, tapi gagal tidak seperti sebelumnya.. jojo udah kelaperan dan entah mungkin posisi yg ga nyaman atau asi ku belum lancar, dia nolak dan nangis.. aku panik tp berusaha sabar.. suster mencoba bantu untuk pindahin jojo dari payudara kiri ke kanan tp kondisi sama saja. akhirnya suster bilang, "ooooh.. pantes aja, puting kanan kurang keluar, bayinya jd rewel" and then.. she left with my baby.. WHAT THE HELL!! gw shocked, terpukul, merasa ga berguna, nangisssss di ruang laktasi.. hari itu usia jojo 5 hari. aku langsung ke ruang bayi tp cuma tertegun melihat dari kaca, jojo dikasih minum sufor dengan botol. suster cuma pegang leher kepala dan badan jojo di meja, dia sambil ngobrol sama suster lain. Sama sekali pemandangan yg menyedihkan!!!!
aku pulang dengan hati yg sakit... di lorong rs ketemu dokter kandungan, aku protes habis2an :( but still, he can't help much. pulang kerumah kembali pompa asi untuk kirim ke rs walau sampai malam sekalipun. Puji Tuhan, esok harinya, pagi2 seperti biasa aku dateng dan coba netekin lagi.. jojo mau.. Thanks God! dan dapat kabar dari dsa kalau virus Tokso, Rubella, CMV jojo positif tapi IgG nya saja alias pasif karna infeksi bawaan dari mamanya. JOJO bisa pulang!!! dengan catatan banyak asi dan usia 3 bulan test darah lagi.
senangnyaaaa..

Sampai rumah tekadku bulat: NO MORE SUFOR. susu formula kaleng yg dikasih RS (dipake buat jojo) aku singkirkan.. Anakku bukan anak sapi. Asi ku lah makanannya..
Puji Tuhan, jojo kuat netek sampai sekarang. Tiap 2 jam dia harus nyusu ^o^  and he loves my breast milk. Everytime he sees me open my bra and see my nipple, he laughs so happy. suara tertawanya khas kalau mau nyusu... melihat dia sedang minum asi langsung dari payudaraku, rasa bahagia terasa di hati ini.. aku merasa berarti dan yup.. makin sayang..

No comments:

Post a Comment